Minggu, 03 Januari 2016

Review Singkat Suikoden II

Review Singkat Suikoden II


Sebelumnya mungkin sudah menuliskan review singkat game Suikoden, tetapi kali ini berbeda.. game ini adalah sequel atau lanjutan dari game Suikoden yang kali ini akan saya bahas.

Suikoden II (atau dikenal juga dengan nama Gensou Suikoden II) adalah JRPG buatan Konami dan merupakan sekuel langsung dari Suikoden yang dirilis di console yang sama, PlayStation, pada tahun 1999. Sewaktu baru dirilis, Suikoden II bisa dibilang tertutupi oleh bayang-bayang Final Fantasy VIII yang tengah populer saat itu, meskipun begitu game ini tetap bisa menarik perhatian banyak gamer, terutama penggemar RPG.





Bahkan secara pribadi, Suikoden II merupakan RPG pertama yang pernah saya mainkan, dan juga merupakan satu dari tiga game terbaik sepanjang masa untuk saya. Mau tahu apa saja yang membuat game ini begitu spesial, cek langsung pembahasannya di bawah ini.

Jujur saja, saya lebih dulu memainkan Suikoden II dibandingkan dengan Suikoden pertama saat masih sekolah dulu. Hal ini menyebabkan saya kurang bisa memahami apa yang membuat Suikoden II betul-betul spesial dibandingkan dengan pendahulunya. Oleh karena itu, belum lama ini saya mencoba memainkan seri ini kembali namun dengan urutan yang tepat. Dimulai dari Suikoden, baru berlanjut ke Suikoden II. Ternyata bermain dengan urutan ini membuat saya menyadari betapa spesialnya Suikoden II.





Seperti yang telah saya bahas dalam ulasan Suikoden, saya menyebutkan bahwa Suikoden mendobrak berbagai norma genre melalui mekanisme dan konten yang dimilikinya. Sayangnya banyak dari hal ini masih kurang terpoles dan terasa kurang nyaman untuk digunakan. Di sinilah Suikoden II betul-betul bersinar. Sekuel ini menyajikan segala kelebihan yang dimiliki pendahulunya, namun mengemasnya dengan lebih baik, jauh lebih baik. Membuat Suikoden II pantas disebut sebagai salah satu sekuel terbaik sepanjang masa.





                                                                                                                                      sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar