Minggu, 03 Januari 2016

Review Singkat Suikoden

Review Singkat Suikoden


Di kesempatan ini saya akan membahas tentang game yang menjadi awal permulaan dari seluruh seri Suikoden yang pernah ada, apalagi kalau bukan Suikoden pertama. Suikoden dirilis pada Desember tahun 1995 di Jepang, dan Desember tahun 1996 di Amerika Utara. Sayangnya meskipun memiliki kualitas yang sangat tinggi, game ini tertutup bayangan game RPG besar lainnya seperti Chrono Trigger dan Final Fantasy VII. Selain itu cover art yang buruk dan tidak nyambung sama sekali dengan isi game mungkin juga cukup berperan atas tidak populernya game ini.





Suikoden merupakan game yang ceritanya terinspirasi dari novel klasik Cina berjudul Water Margin. Sama seperti Water Margin, Suikoden menceritakan tentang berkumpulnya 108 makhluk hidup (tidak semuanya manusia karena ada juga elf, dwarf, dan kobold) yang berusaha menggulingkan pemerintahan yang korup dan sudah kena terlalu banyak pengaruh dari luar. Bedanya dari Water Margin adalah game ini memiliki berbagai unsur fantasi seperti monster, berbagai jenis makhluk hidup berakal selain manusia, 27 True Runes, dan lain-lain.

Dari awal dibuat, sepertinya Yoshitaka Murayama sebagai kreator seri ini memang berencana untuk membuat dunia Suikoden menjadi dunia yang sangat luas. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana world map Suikoden tidak mencakup satu planet layaknya kebanyakan RPG yang ada di konsol pada masa itu. Dalam Suikoden, karaktermu hanya bisa menjelajahi dunia sebatas di negara tempat game berlangsung.

Hal terakhir yang membuat segi naratif Suikoden luar biasa adalah pentingnya setiap karakter. Meskipun memiliki lebih dari 108 karakter, hampir semua karakter dalam game ini memiliki background cerita sendiri. Beberapa dari karakter tersebut memiliki background yang disampaikan langsung dalam game, tapi ada juga karakter yang untuk mempelajari tentang kisah hidupnya maka kamu diharuskan untuk menjalani misi-misi ekstra tertentu atau rajin-rajin memperhatikan lingkungan dalam game.

Untuk urusan cerita, Suikoden jelas bukanlah sebuah game yang perlu kamu ragukan kualitasnya. Bahkan sampai hampir dua puluh tahun semenjak dirilis, game ini tetap saya anggap sebagai salah satu storytelling terbaik yang bisa kamu temukan dalam video game.






                                                                                                                                     sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar